Sunday, January 22, 2012

Sudah Enam Bulan

Judulnya kayak orang hamil aja yah,.. have been six month. Maksudnya gue sudah enam bulan menetap di Bandung, ngekos lah ceritanya. Banyak hal-hal baru yang gue temui di sini, yang ternyata merubah kebiasaan gue selama hidup di Garut. Mulai dari orang-orang nya sampai lingkungan sekitar.

Mungkin karena gue besar di Garut dan lama di Garut gue sangat akrab dengan orang-orang di kampung halaman gue, (kasian deh lo yang gak punya kampung halaman). Mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA, gue hidup di Garut. Di sana pada orang2 nya pada terbuka, gue bisa menyapa dan berkenalan dengan siapa saja.

Beda dengan di Bandung, khususnya di daerah kosan dan pusat kota. Di sini kehidupan serba indiviual, dengan tetangga sendiripun tidak kenal. Parah memang, tapi mau bagaimana lagi. Bukan orangnya yang salah tetapi waktu dan profesi yang memisahkan kehidupan bersosial kita.

Setiap tahun pasti ada orang baru, dan setiap bulan selalu ada yang menanyakan apakah di tempat gue ada kamar yang kosong. Artinya setiap orang sudah memiliki pendidikan dan pekerjaan di Bandung, mau tidak mau mereka harus mencari tempat tinggal dong. Dan rata-rata orang kantor dan orang kuliahan hanya bisa bertemu (tatap muka) di kosan atau di lingkungan hanya pada sore atau malam hari, itupun jarang terjadi. Mungkin salah satu hal yang membuat kehidupan begitu individual di sini adalah itu.

Berbeda dengan Garut, orang-orang nya rata-rata tidak memiliki pekerjaan yang harus bekerja sampai lembur, palingan jam 2 sudah pada pulang bekerja. Dan di sana tidak ada istilah uang kebersihan, kita biasa dengan itilah kerja bakti, yaitu membersihkan secara bersama-sama. Di mulai dari halaman rumah kita sampai tempat-tempat umum.

Ada hal lain yang membuat gue nyaman tinggal di Bandung, yaitu fasilitas dan akses yang disediakan. Jika dulu gue susah membeli buku yang gue ingin, karena haru pesen dulu kalo tidak ada. Sekarang hampir semua buku yang gue cari ada, pilihan toko bukanya pun lebih banyak di banding di Garut.

Hal lainnya adalah Internet. Jujur saja, kecepatan akses internet di Bandung lebih cepat dibandingkan di Garut, memang ada beberapa kelemahannya dibandingkan kecepatan Internet di Garut, tetapi secara keseluruhan lebih baik di Bandung.

Bagaimanapun juga kadang gue selalu pengen balik lagi ke Garut, banyak hal-hal menarik di Garut. Yang paling gue kangen dari Garut adalah sikap sosial. Kehidupan di sini sangat-sangat lebih individual.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.