Tuesday, June 7, 2011

Kisah Sebelum 30 Juni 2011

Waduh, males juga kalo nulis di blog, jadi gw putusin untuk nulis di sini. Ya 2008 lalu gue mulai masuk SMA di Utara garut, waktu itu pertimbangannya adalah SMA 1 Cibatu (SMAN 3 Garut), SMA 1 Malangbong (SMAN 9 Garut), dan SMA 1 Tarogong, tapi entah kenapa rasanya keluarga terlalu mencampuri keinginan untuk masuk ke SMA. Dulu kalo gag salah nilai UN SMP gw 41,9 dan dengan nilai segitu bisa milih ketiga SMA tersebut. Dengan berbagai alasan, seakan-akan orang tua khususnya ibu mendorong untuk masuk SMA 1 Malangbong. Mungkin alasan pertama adalah masalah transportasi.


DOOR!!, akhirnya dapat keputusan deh untuk masuk SMA 1 Malangbong. Mereka bilang, dimanapun kamu sekolah yang terpenting kamunya sendiri, maksud mereka gimana gw cara belajarnya (bener/gag). Dan untuk tahun pertama, gw sama sekali gag kepikiran mau masuk Perguruan Tinggi mana, malahan untuk semester pertama gw gag ngerasa betah hidup di SMA.

Untuk umuran SMP, cita-cita dulu itu adalah menjadi dokter khususnya dokter bedah mata. Tapi jujur, itu bukan pilihan gw, entah kenapa dulu gw pengen jadi dokter. Padahal dulu gw gag sadar kalo gw mau jadi programer keren parah. Mungkin alasesan SMP (kayaknya dari kecil/SD) milih cita2 jadi dokter adalah karena lingkungan sendiri yang mendorong gw jadi itu. Pertama keluarga nyaranin jadi doketer,
"udah jadi dokter aja, di keluarga kita belum ada tuh yang jadi dokter" kebetulan anak2 kakek gw kebanyakan jadi Guru.
"dokter tuh mulia loh bisa nolongin orang"
tapi gw juga gag menutup kemungkinan untuk alesan seperti ini
"eh dokter tuh banyak duitnya, enak deh pokoknya kalo jadi dokter"
"kalo gw jadi dokter gw bisa punya apa aja tuh"
etc..

Nah, ceita itu seakan buntu pada saat SMA tepatnya pas mau ngambil jurusan (IPA, IPS, Bahasa). Di sana gw mulai mikir mau jadi apa nanti? apa seperti orang tua, kebetulan orang tua menjadi guru. Gw juga mulai mikir kalo tar gw bisa jadi dokter sekaligus jadi programer keren parah. Alesan itu tetep bertahan sampe akhirnya gw masuk kelas IPA. Dan sangat kebetulan waktu itu gw baca biografinya Bill Gates, orang IT pasti tau lah siapa dia.

Jadi ceritanya si Bill Gates itu dulu mau jadi programer tapi sama orang tuanya dia disuruh masuk FK dan akhirnya dia jadi dokter. Gw lupa dokter apa tapi intinya dia jadi dokter, tp cita-cita si Bill Gates untuk jadi programer belum musnah setelah lulus FK, dia mutusin untuk sekolah lagi dan ngambil IT. Akhirnya sekarang udah tau kan apa hasilnya?? dia udah jadi CEO perusahan besar, saningan utama google.

Kalo gag salah ceitanya itu, trus apa hubungannya sama gw?? karena cerita yang menginspirasi itu, saat itu juga diputusin kalo gw gag mau jadi dokter tapi gw mau jadi programer, lagian gw sendiri takut sama darah manusia. Dari SD gw udah suka sama yang namanya komputer dan matematika. Jadi alesan gw mungkin tepat, kalo gw mau jadi programer keren parah.

Masalahnya dulu waktu kelas XI gw gag tau mau masuk mana, setelah tau gitu abang gw nyaranin untuk masuk ITB, "pokonya loe harus masuk ITB". Nah kata-kata itu gw inget sampe sekarang. Dan sekarang mungkin gw adalah orang yang paling nyesel, kenapa?? udah tau masuk STEI ITB, tapi kenapa cara belajar gw gini?? kok gw seakan2 gag semangat mau masuk sana??

Dulu tuh saat kelas XII ada temen yang nanya
"eh mau diterusin kemana nanti kul??" yang dengan jawaban yang malu2 gw jawab
"I.. I.. ITB"  trus dia jawab
"lah, sama dong! tapi gw mau masuk Pertambangan (FTTM), tapi ayah gw nyaranin masuk IF aja, karena Passing Grade FTTM gede katanya".
            Nah, dari sana gw dan temen gw mulai nyari passing garade ITB tuh berapa, dan apa hasilnya?? ternyata passing grade STEI paling tinggi sekitar 65% dan FTTM ke tiga sekitar 55%. dan karena alesan itu temen gw jadi semangat masuk FTTM dan pindah haluan dari STEI, tapi gimana dengan gw?? jujur aja dari sana gw mulai mikir, "bisa gag yah masuk sana??".

Akhirnya kita berdua menemukan misi SMA kita, dia milih FTTM dan gw tetep STEI, saat itu kalo gag salah masih semester 1 kelas XI. Untuk alesan itu 2 minggu pertama kita sangat-sangat semangat belajar, tetapi karena kuranggya stimulus dan motivasi cita2 itu seakan "dilupakan". Dan kelas XI berlanjut begitu saja, kita akuin bahwa kehidupan kelas XI adalah paling bahagia deh menurut ktia. Alesannya
  1. Di kelas satu masih adaptasi dengan SMA, dan mikir2 mau milih jurusan mana.
  2. Di kelas satu, temen masih belum berasa temen. Gag seakrab kelas XI dan XII.
  3. Di kelas tiga, eh sorry maksudnya kelas XII, taiu ngerti kan maksudnya apa. Jadi di kelas tiga itu khususnya gw ngerasain bahwa sekolah tuh nyantai gila, kenapa? mungkin karena para gurunya yang gag sekiller kelas XI, tapi gw akuin guru memang gag salah.
  4. Di kelas tiga, seakan-akan gw di hadepin sama misi utama untuk lulus UN padahal misi utama gw waktu itu mau masuk STEI ITB,.. mungkin kalian nanya, lah apa hubungannya?? nanti gw jelasin di bawah.
  5. banyak tugas, khususnya semester 2, ngapalin ini lah, itu lah, buat laporan lah, makalah, dll.
nah itu adalah alesan kenapa gw milih kelas XI sebagi kehidupan SMA paling nyantai. Karena nyantainya itu kita berdua lupa sama misi utama kita. Di kelas dua juga, adalah kehidupan masa-masa "pacaran". Gw akuin untuk satu ini memang bener, apalagi gurunya juga ada yang suka ngejodoh-jodohin. Temen gw yang satunya lagi lebih parah, dia mungkin terjebak sama masa2 nya itu,.. tapai its ok lah, namanya juga SMA. Untuk masalah ini gw gag mau bicara banyak.

Sekarang gw mau ngejelasin alesan point no.4 itu, jadi ceritanya gini.
Waktu itu pas mau kenaikan, kita (kelas gw IPA-4) ngumpul bareng buat istilahnya "demo" lah, kalo kelas kita mau tetep gag mau pisah, karena udah nyaman lah, beteh lah, dsb. Dan ternyata "demo" kita tuh dikabulun. Akhirnya di kelas 3 gw satu kelas lagi sama temen se-misi gw.

nah, dikelas tiga tuh untuk semester pertama gw akuin cara belajarnya gag seketat di kelas 2. Malahan itu tadi menurut gw, lebih nyantai. Sampai pada akhirnya waktu itu gw mulai inget lagi misi utama gw (masuk STEI), dan setelah nanya2 sama temen gw dia bilang "masih bisa kok, ayo belajar yang bener mumpung masih ada waktu" dan kebetulan juga waktu itu bulan puasa dan gw sama temen gw itu mulai komit akan belajar bener setelah bulan puasa.

apa jadinya?? setelah bulan puasa kita dihadepin sama mid test bulan desember, saking nyantainya kita guru2 ngingetin "eh, kalian tuh udah senior, udah kelas tiga. Gak bakalan kerasa deh kalo nantinya tinggal UN" nah saat itu juga fokus kita pada mid test sama UN dan kita masih belum bener2 nyari tahu info2 tentang ITB.

Setelah bulan puasa gw mulai buka2 website ITB, dan akhirnya gw mulai mutusin kalo gw mau test lewat USM atau kalo gaga,l nyoba SNMPTN. Gw juga nanya ke temen semisi gw mau masuk jalur mana?? dia bilang
"SNMPTN"
"wih, kenapa gag nyoba dulu USM??"
"Jalur khusus tuh cuman gede2 duid buat lulus, lagian jalur khusus tuh juga mahal"
                  kebetulah kita nyebut Ujian mandiri tuh jalur khusus.
"Ok lah, tapi gw mau tetep nyba USM dulu"

Setelah itu  gw mulai cari info tentang USM, pada akhirnya yang gw temuin bedanya SNMPTN sama USM ITB, (bedanya kalo di USM ada TPA dan IPA terpadu) dari mereka2 yang lulus USM katanya
"loe cukup nguasain TPA dan Kemapuan dasar aja, pasti loe lulus."

dan setelah itu gw belajar cukup gila juga buat TPA, sampai desember gw ngerasa bahwa TPA gw udah OK lah. Pada bulan desember itu gw dan temen gw mulai belajar lagi buat tujuan kita nanti.

Bulan januarinya pas buaka website ITB, eh gw kaget banget.. kalo tahun ini ITB gag menerima mahasiswa lewat USM, tapi 100%SNMPTN (60% undangan dan 40% tulis).. saat itu juga gw mulai mikir kalo gw sia2 belajar TPA sana-sini..
Eh bulan desember ceritanya juga gw udah kenalan sama Xpedia, jadi gw ngerasa OK buat TPA,.. tapi gw gag ngedengerin Zenius Learningnya secara bener.. soalnya menurut gw itu cuman ngemotivasi doang.

Jujur aja, mungkin saat itu gw merasa buanga2 waktu buat belajar TPA, sampai akhirnya bulan februari gw baca kalo SNMPTN tulis sekarang ada TPA nya, akhirnya belajar TPA gw gag sia-sia. dan syukurnya gw masuk 4 besar di kelas, untuk apa?? karena alesan itu gw bisa ikut SNMPTN undangan. Tanpa pikir panjang waktu itu gw milih ITB sebagai pilihan satu dengan fakultas 1 STEI 2 FMIPA 3 FITB.

Bulan Maret mulai rame2nya yang promosi Perguruan Tinggi ke sekolah, tp pilihan gw dan temen gw tetep ITB,.. sampai orang tua juga nawarin masuk UNPAD,.. kebetulan saat itu ada dosen UNPAD dan dia punya kursi buat anaknya, tetapi berhubung anaknya masih kelas XI dia mu ngasih kursi itu ke gw, tapi gw nolak.. mau masuk ITB ah .. (padahal gw dijamin masuk FK sekalipun). Gw juga gag terlalu percaya sama hal gituan.. dan syukurnya orang tua gw ngedukung sama keputusan gw.

Pada bulan Februari itu kita seakan disibukan dengan UN, apalagi saat itu digembor-gemborkan bahwa UN akan 18 paket, jadi kemungkinan untuk saling "memberi tahu" kecil. Dan Sampai bulan April akhirnya gw sangat di sibukan dengan kegiatan UN, belajar soal-soal 5 tahun terakhir. Dan apa hasilnya?? alhamdullilah Lulus, meskipun nilai nya tidak begitu memuaskan. Nah alasan kenapa UN berbeda dengan SNMPTN adalah pada tingkat kesulitan, gw akuin bahwa UN masih jauh lebih gampang dengan SNMPTN,.. Saran gw untuk yang masih SMA "kalian fokusin belajar buat SNMPTN, soalnya jika kalian bisa SNMPTN pasti UN lulus, dan itu belum tentu sebaliknya"

Apalagi saat UN, gw akuin bukan loe aja yang berkepentingan lulus, semua guru, orang tua, dan temen2 loe saling mensupport untuk itu.

Dan untuk alasan undangan gw sangat PD masuk STEI atau setidaknya FMIPA, jadinya cara belajar gw gag sekeras saat mau belajar USM, gw mutusin utuk gag bimbel intensif. Bagaimana dengan sahabat semisi gw?? dia masuk bimbel intensif. dan berapa passing grade kita?? jujur, gw sendiri hanya melakukan TO prbadi, bukan TO bimbel,.. tapi hasilnya gw dan sahabat semisi gw belum mengentuh angka 50%..

Samapi tanggal 17 Mei udah ada yang ngabarin bahwa hasil undangan bisa di lihat pukul 19.00 WIB. Detik-detik itu sumpah hati gw ngerasa gag karuan, lalu gw buka web SNMPTN, masukin no ID, "MAAF ANDA TIDAK LULUS!" sampai 3 kali gw buka hasilnya tetep sama. Dari situ gw mulai ngerasa bahwa masa SMA gw gag Guna, mulai mikir
"Kenapa gw ga serius dari kelas XI dulu??"
"Kenapa gw nunda2?? buat belajar?"
"kenapa kelas XI dulu dihabisin buat hal yang gag penting?"
etc..

apa rasanya?? pahit parah.. dari situ hampir 4 hari gw males ngelakuin apa-apa, dan mulai mengisi lagi soal2 SPMB dan SNMPTN, tapi hasilnya gw rasa gag kelihatan... dan saat SNMPTN gue mulai pasrah,..
"peduli amet, mau lulus mau gag, ah.."

Gw buka soal SNMPTN pertama, kebetulan yang pertama TPA,.. gw isi dan syukurnya gw ngerasa lancar ngisi TPA,.. berlanjut ke kemampuan dasar,,.. Indo Ok lumayan, Matdas ada yang bisa ada yang gag, Inggris.. parah voceb gw ngerasa kurang banget...

Hari kedua,.. kebetulan hari pertama gw gag punya target harus ngisi berapa soal, target gw ngisi sebanyak2 banyaknya, terlepas dari apa itu salah dan bener.. di hari kedua gw mulai mikir "apa gw ngisi ini salah??", "Gimana kalo tebakan gw bener".. dan hasilnya gw ngisi 30 soal dari seluruh soal di hari kedua..

Esok harinya meski ada yang ngebahas kunci SNMPTN gw gag mau ngebahasnya, toh nanti juga bakalan tau hasilnya,.. jujur aja gw punya feeling kalo gw gag bakalan lolos, sekalipun itu di pilihan kedua,.. gw mulai mikir kalo gw harus mulai lagi dari awal, gw mau nyoba lagi tahun depan dan harus dipastiin kalo nanti cara belajar gw harus serius, harus disiplin, dan harus bener.

Dan saat gw mulai dengerin CD Zenius Learng dari awal, entah kenapa semua omongan-omongan itu ngena banget ke gw.. kok gw kayak gini?? kenapa gag dari dulu kayak gitu?? dan sekarang gw mau bertransformasi untuk ngerubah pola pikir gw dulu..

ada status temen gw yang ngena banget, gw rasa itu best status dalam FB..

...tetap bermimpi...
dgn berjiwa besar saat impian itu cukup menjadi mimpi indah yg kan menemani tidurku,. :)
namun tetap bertahan waLaupun impian itu tak mampu kuraih,karna masih ada cita yg harus kuperjuangkan untuk ku gapai,. (pratiwi)

-END- 

*Bahasa disesuaikan supaya enak ditulisnya...


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.